top of page
Search
  • sejutarumahmedan

5 Tips Memilih Rumah Subsidi Yang AMAN


Yuk cari tahu gimana sih memilih rumah subsidi yang aman, berikut beberapa tips yang wajib kamu ketahui:


1. Reputasi Developer

Wahh ternyata reputasi developer sangat penting loh dalam memilih rumah subsidi yang aman, karena rumah belum jadi tetapi kamu harus mengeluarkan dana yang lumayan gede dan ga bisa ditarik kembali. Untuk itu kamu harus memastikan bahwa developer tersebut aman dan professional yaa, berikut ini beberapa surat izin yang perlu kamu cek sebelum memilih rumah subsidi yaitu:

a. Nomor Sertifikat Tanah,

b. Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

c. Prasarana sudah tersedia

d. Kondisi tanah matang.


Ga cuma ini ada beberapa tips lagi yang perlu kamu ketahui yaitu:


2. Pastikan Harga Jual, KPR dan Suku Bunga yang jelas.

Tips memilih rumah subsidi yang aman selanjutnya yaitu sebelum kamu membayar booking fee mintalah penjelasan tentang harga jual dan biaya lainnya seperti pajak pembeli (BPHTB) biaya notaris, biaya kelebihan tanah dan lain sebagainya. Jika kamu akan membeli rumah secara kredit kamu harus minta penjelasan tentang berapa KPR yang akan kamu ajukan ke bank dan berapa suku bunga yang ditawarkan apakah flat / fixed atau malah suku bunganya naik turun setiap tahun? Masih mending ya kalau turun lah kalau naik terus setiap tahun? Duhh bisa-bisa uangnya abis cuma bayar bunga dehhh, amit-amitt yaa. Untuk itu kamu kudu teliti dan jadi smart buyer yah! ;) oh iya untuk kuota dengan bunga flat sangatlah terbatas untuk itu kamu harus gercep juganii.


3. Pastikan DP dan Cicilan

Nah sekarang masuk ke tips ketiga dalam memilih rumah subsidi yang aman yaitu dengan memastikan DP dan cicilan yang akan kamu bayarkan, sssttt jangan sampai tergiur dengan DP murah dan bonus yang ditawarkan tapi ntar cicilannya ga keruan tinggi. Untuk itu kamu peru tanyakan dengan jelas yah!


4. Bayar DP dan Tanda Tangani PPJB pahami setiap statement /pernyataan pada PPJB

Ini tips yang kamu harus pahami untuk memilih rumah subsidi yang aman yaitu ketika kamu telah melunasi DP pastiin kamu menandatangi surat Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dan jangan asal tanda tangan yah kamu harus membaca dan memahami surat perjanjian tersebut karena setelah kamu menandatangani surat perjanjian itu artinya kamu telah menyetujui segala pernyataan yang ada pada perjanjian tersebut. Be smart yaa guyss!

Dan inilah last tips untuk memilih rumah subsidi yang aman dan ga kalah penting jugaa


5. Periksa Legalitas Tanah

Untuk lebih amannya kamu bisa meminta agar ditunjukkan sertifikat tanahnya lohh. Oh iya nih setelah kamu membeli rumah subsidi tersebut sebaiknya kamu meningkatkan sertifikat menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik) atas nama kamu, jadi ga nama perusahaannya lagi karena SHGB berlaku hanya 30 tahun. Kalau ga segera kamu tingkatkan nanti kamu sendiri yang ribet dan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar. Jadi kamu sangat disarankan untuk langsung meningkatkan menjadi SHM yaah.


Nah udah pada paham kan gimana caranya agar kalian bisa memilih rumah subsidi yang aman?? Sooo be a smart buyer guys! ;)

Kalau kalian belum paham apa itu rumah subsidi dan sistem KPR subsidi cek disini yahh

https://sejutarumahmedan.wixsite.com/rpmilenial/post/rumah-subsidi-dan-kpr-subsidi

77 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page